btc baner

Pages

Sunday, January 4, 2015

Plurk, microblogging untuk mencatat dan berbagi aktifitas anda

Mungkin anda sudah pernah mencoba twitter atau layanan sejenis lokal yaitu kronologger. Pada intinya mereka memberikan layanan untuk mencatat kegiatan dan aktifitas penggunanya dan bisa dipublish agar dapat diakses oleh pengguna lainnya. Biasanya layanan ini cocok digunakan oleh para selebritis dan publik figur lainnya dimana para penggemarnya dapat mengikuti aktifitas harian dari sang publik figur.
Salah satu layanan yang mirip dengan twitter dan kronologger adalah Plurk. Plurk memberikan layanan yang sama untuk mencatat aktifitas harian dari penggunanya. Untuk mengupdate aktifitas bisa dilakukan dengan beragam cara seperti melalui website, IM, dan SMS. Namun berbeda dengan layanan lainnya adalah Plurk memberikan tampilan aktifitas penggunanya dalam bentuk timeline. Timeline adalah semacam horizontal list yang menampilkan data secara horizontal  sesuai dengan waktu dari aktifitas tersebut. Timeline ini bisa digeser dari kiri ke kanan dan sebaliknya sehingga memudahkan untuk membacanya walaupun aktifitas yang ditampilkan cukup banyak. Bila scrolling ke kanan memiliki data aktifitas yang belum di load maka Plurk akan meloadnya dengan AJAX sehingga data akan ditampilkan tanpa me-refresh seluruh halaman web.
plurk timeli
Berbeda dengan twitter dan kronologger yang menampilkan daftar aktifitas dalam bentuk vertical list. dimana daftar aktifitas diurut dari atas ke bawah berdasarkan waktu aktifitas. Dengan bentuk horizontal list yang bisa digeser akan membantu kita dalam melacak aktifitas harian yang ditampilkan. Plurk juga memiliki feature social networking dasar yaitu menambahkan teman ke account kita. Kita juga dapat mengeset account kita apakah bersifat publik atau privat dimana bila bersifat privat akan mencegah pengguna lain untuk melihat aktifitas kita. Yang menarik juga adalah teman kita dapat berkomentar pada aktifitas kita sehingga kita dapat mengetahui respon teman kita untuk tiap aktifitas yang kita publish.
Untuk membagi aktifitas kedalam kategori maka Plurk memiliki feature yang disebut Qualifiers yaitu color code yang akan menampilkan warna aktifitas yang berbeda untuk tiap aktifitas yang termasuk dalam feels, thinks, loves, atau was. Feature ini memudahkan kita membaca aktifitas yang dilakukan termasuk kategori mana.
Layanan plurk bersifat gratis seperti kebanyakan layanan web 2.0 lainnya. Sehingga dengan mudah kita mencoba dan membandingkan dengan layanan sejenis. Dengan perbedaan feature dan layanan maka tergantung anda memilih menggunakan yang mana. Karena akan merepotkan bila kita harus menggunakan banyak layanan yang sejenis.

0 komentar:

Post a Comment