btc baner

Pages

Friday, January 16, 2015

10 Tips Cara Mempercepat Smartphone android Yang Lemot


Jika anda mempunyai smartphone android dengan Processor dan RAM yang pas-pasan tentunya anda akan merasakan smartphone anda terasa lemot atau lelet bin lambat. Hal tersebut tersebut tentu sangat mengganggu kenyamanan kita dalam menggunakan smartphone tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara untuk mempercepat kerja smartphone android anda biar tidak lemot. Yang perlu anda lakukan adalah :
  1. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Perlu/Tidak Pernah Dipakai.
    Hapus/disable atau uninstall aplikasi yang sekiranya tidak pernah anda gunakan, karena mungkin anda tidak tau bahwa meskipun jarang digunakan aplikasi yang terinstal pada smartphone anda tetap berjalan pada background smartphone anda sehingga sumber daya smartphone anda baik berupa RAM maupun space SDcard Internal anda tetap digunakan dan tentunya akan membuat kerja smartphone android anda semakin berat/lemot.
  2. Gunakan User Interface /App Launcher yang sederhana.
    User Interface atau launcher memakan cukup banyak sumber daya smartphone anda. Dengan menggunakan launcher atau user interface yang sederhana bisa sedikit menghemat penggunaan RAM anda. Berbagai macam launcher yang ringan tersedia di palystore silahkan anda cari dan pilih.
  3. Hapus Widget dan Shortcut Yang Tidak Diperlukan/Jarang Digunakan.
    Walau sudah menggunakan launcher yang sederhana, jika kita tetap memasang widget dan shortcut yang banyak pada smartphone anda, penggunaan RAM anda juga akan menjadi semakin banyak. Hal ini akan berpengaruh pada kinerja smartphone anda.
  4. Membatasi atau Disable Background Data.
    Seperti kita tau akun aplikasi facebook, twitter, gmail, youtube, dan aplikasi lain yang sejenis akan melakukan sinkronisasi data dengan internet secara periodik. Hal tersebut selain akan menguras baterai dan kuota internet anda, juga akan membebani smartphone anda. Cara terbaik adalah dengan menonaktifkan syncronisasi tersebut jika memang anda tidak terlalu membutuhkannya melalui menu pengaturan pada smartphone anda.
  5. Membersihkan Cache dari Aplikasi.
    Seiring berjalannya waktu aplikasi yang kita gunakan akan menyimpan cache pada media penyimpanan smartphone kita. Oleh karena itu kita perlu menghapus cache aplikasi tersebut agar tidak membebani sumber daya smartphone kita. Jika ingin lebih mudah, install aplikasi tambahan seperti App Cache Cleaner, Clean Master,
  6. Menonaktifkan Animasi.
    Menonaktifkan animasi pada smartphone android anda dapat dilakukan melalui meni developer option, nonaktifkan windows animation scale, transition animation scale, animator duration scale. Bisa juga dengan menonaktifkan fitur live wallpaper pada smartphone android anda.
  7. Booster Memori (RAM) smartphone.
    Booster memory berfungsi untuk merapikan data2 pada RAM smartphone anda, cara ini juga akan sangat membantu kinerja dari smartphone anda yang lemot.
  8. Update Aplikasi Pada Smartphone.
    Pengembang aplikasi android selalu berusaha untuk mengubah aplikasi mereka agar menjadi lebih stabil, hemat penggunaan memori, dan memperbaiki bug-bug yang lain, oleh karena itu sangat penting bagi pengguna smartphone untuk mengupdate aplikasi tersebut untuk membantu kinerja smartphone android anda menjadi lebih baik.
  9. Rooting dan Overclocking.
    Cara paling ekstrim adalah dengan melakukan overclocking smartphone android anda. Overclocking dilakukan untuk memaksimalkan bahkan memaksakan kerja dari processor dan RAM samartphone android anda. Cara overclocking smartphone androidpun beragam yang bisa saja bergantung pada jenis smartphone anda.
  10. Gunakan Program Lembiru.
    Jika cara-cara di atas telah dilakukan dan Anda masih merasa bahwa smartphone android anda masih lemot, maka sudah saatnya Anda menggunakan program LemBiRu, yaitu Lempar, Beli baRu ^_^
Ganti smartphone android anda dengan smartphone baru yang lebih tinggi spesifikasinya. Sekian tips atau cara mempercepat smartphone android anda agar tidak terasa lambat atau lemot. Terimakasih dan semoga bermanfaat. Like dan Tweet Anda untuk artikel ini adalah semangat kami untuk terus memberikan informasi yang bermanfaat lainnya.

0 komentar:

Post a Comment