btc baner

Pages

Friday, January 16, 2015

Cara Mempercepat Kinerja Komputer untuk Semua Windows

Ada beberapa faktor yang dapat membuat kinerja komputer menjadi lambat. Cara yang paling logis adalah mengatasi faktor penghambat tersebut. Apa saja dan bagaimana cara memperbaikinya? Berikut beberapa cara mudah mempercepat kinerja komputer atau pc agar kembali menjadi super cepat.
  1. Hapus file pada Recycle Bin.
    Jika kamu sudah menghapus file, bukan berarti file tersebut sudah hilang dari komputer karena masih tersimpan di keranjang sampah (Recycle Bin) yang juga menjadi beban hardisk. Jadi hapus file Recycle Bin minimal sebulan sekali.
  2. Jangan terlalu banyak short cut pada desktop.
    Short cut yang tidak perlu kadang muncul secara tidak sengaja ketika kita menginstal sebuah software. Hapus short cut pada desktop yang tidak bermanfaat karena dapat memperlambat loading pada saat start up windows.
  3. Hapus file pada folder Prefecth.
    Cara menghapus isi folder prefetch: Klik kanan pada Start > Klik Windows Explorer > Klik Drive C > Klik Windows > Klik Prefetch > Hapus semua isinya dengan (Shift + Del).
  4. Matikan Start up Program yang tidak Perlu.
    Start up program (program yang akan terbuka secara otomatis ketika komputer dihidupkan) dapat membuat lelet karena dalam satu waktu membuka banyak aplikasi sekaligus.
    Cara: Klik Start > ketik run pada kolom search program and file dan enter > ketik msconfig pada kolom Open: > Pilih tab Startup dan buang centang pada program yang tidak perlu.
  5. Uninstal Program atau Software yang tidak Perlu.
    Terkadang ketika kita mendownload file dari internet, secara tidak sadar kita sudah menginstal program lain yang tidak perlu. Sehingga membuat kinerja komputer lelet karena kebanyak software yang terinstal.
    Cara: klik Start > Control Panel > Programs and Features (windows xp) or Uninstall a program (windows 7).
  6. Kompres File Jika Memori Penuh.
    Cek sisa memori hardisk komputer kamu. Jika dalam diagram yang berbentuk bulat, warna merah tinggal 10% berarti sudah terlalu penuh.
    Cara: Start > Klik Windows Explorer > Klik kanan folder yang diinginkan misalnya D > Propertis.
    Solusi: Kompreslah file yang jarang dibuka atau simpan di tempat penyimpanan gratis di internet seperti 4shared dsb.
  7. Mengoptimasi Display Setting dengan Mematikan Visual Efek.
    Setting visual efek windows (default) menggunakan banyak animasi. Sehingga memperlambat kinerja komputer.
    Cara: Windows Explorer > Klik kanan My Computer > Propertis > Advance system Setting > Advance > Klik Setting pada Performance > Hilangkan semua centang pada tampilan yang keluar berikutnya.
  8. Lakukan Defragment Hardisk.
    Hardisk kita terkadang menjadi penuh dengan program-program yang tidak berguna atau error. Salah satu cara untuk membersihkannya adalah dengan cara mendefrag hardisk secara berkala minimal 1 bulan sekali.
    Solusi: Klik kanan pada hardisk/partisi yang ingin didefrag > Pilih Tools > Klik Check Now untuk memeriksa terlebih dahulu apakah terdapat file yang error pada hardisk. Jika ada maka langkah selanjutnya adalah dengan mendefragnya.
  9. Jangan Gunakan Thema dan Widget Desktop.
    Thema windows dan widget seperti tampilan jam atau kalender pada desktop memang mempercantik penampilan layar komputer, tapi hal ini sangat memperlambat kinerja komputer. Jadi jika RAM komputer kamu kecil, sebaiknya jangan gunakan thema dan widget.
  10. Membersihkan tumpukan Log Files.
    Setiap kali kita beraktifias dengan komputer kita (computerizing), terutama ketika berselancar di dunia maya, banyak sekali meninggalkan jejak seperti cache dsb. Jika folder tempat penyimpanan tersebut telah penuh, pasti akan membuat kinerja komputer menjadi lambat.
    Solusi: Bersihkanlah dengan menggunakan software CCleaner.

0 komentar:

Post a Comment