btc baner

Pages

Thursday, October 1, 2015

Ubiquiti NanoStation M2 / LOCO Sebagai WiFi Access Point

Di kesempatan kali ini, saya akan coba sharing bagaimana cara setting Ubiquiti NanoStation M2 / LOCO sebagai Wifi Access Point untuk perangkat hp/smartphone dan laptop. Instalasi/pemasangan WiFi outdoor NanoStation directional yang diarahkan ke depan rumah-rumah tetangga. Dengan Ubiquiti NanoStation yang memiliki sudut 60 derajat, power 600mW, dan jarak kisaran 15km dengan harapan untuk bisa menembus dinding.

Cara Setting Ubiquiti NanoStation M2 / LOCO Sebagai WiFi Access Point

Untuk pertama kali konfigurasi/setting NS anda, hubungkan terlebih dahulu kabel LAN dari PoE NS langsung ke ethernet komputer Anda. Kemudian arahkan web browser Anda ke IP Default ubiquiti di https://192.168.1.20, Saat muncul “warning” klik Accept/Continue. Kemudian login dengan default username password Ubiquiti yaitu “ubnt”.
Setelah anda berhasil masuk ke web konfigurasi ubiquiti, Klik tab “WIRELESS” untuk setting sebagai WiFi Access Point.
setting wifi access point ubiquiti nanostation
Pada beberapa option setting seperti ini :
Basic Wireless Settings
Wireless Mode : Access Point
WDS (Transparent Brdige Mode) : centang/enable
SSID: isi SSID/nama Wifi access point
Channel Width : 20 Mhz – Default Channel width adalah 40Mhz, tapi beberapa perangkat smartphone atau laptop lama tidak dapat beroperasi di 40Mhz, jadi kita ganti ke 20Mhz
Output Power : Geser ke Maksimal
Wireless Security
Security : WPA2
WPA Authentification : PSK
WPA Preshared Key: isi password wifi accesspoint

Cara Menonaktifkan/Disable AirMAX Ubiquiti

Karena ini kita setting sebagai WiFi access point untuk perangkat smartphone atau laptop, bukan untuk sesama ubiquiti.  Klik tab paling kiri yang bergambar logo ubiquiti dan uncheck airMAX untuk menonaktifkan/disable protocol airMAX (tehnik MIMO TDMA untuk komunikasi sesama 2 atau lebih perangkat wifi ubiquiti).
disable airmax ubiquiti nanostation

Konfigurasi Network Ubiquiti NanoStation M2 / LOCO

Terakhir adalah waktunya untuk konfigurasi network / IP Address NS Anda untuk disamakan dengan jaringan lokal/modem Anda. Anggap saja jaringan lokal anda menggunakan subnet 192.168.0.xxx, jadi anda akan mengganti IP address nanostation Anda dari 192.168.1.20 ke 192.168.0.20. Karena koneksi internet tetap modem/router anda yang memanage, setting NanoStation pada “Bridge Mode”
setting network ubiquiti nanostation

0 komentar:

Post a Comment