btc baner

Pages

Monday, October 12, 2015

CARA NEMBAK WIFI JARAK JAUH

CARA NEMBAK WIFI JARAK JAUH 



 Di sini saya akan berbagi pengalaman cara untuk mengakses internet hotspot jarak jauh. Biasanya fasilitas hotspot ini ada di Cafe,hotel,mall atau tempat-tempat yang biasanya sering di kunjungi oleh kalangan menengah keatas tetapi beruntungnya di desa saya ternyata terdapat internet hotspot gratis yang bisa digunakan untuk browsing sesuka hati. hehe



Dari pada kelamaan, begini ceritanya....

Awalnya saya hanya ingin mengetahui saja apakah di kantor desa saya terdapat internet hotspot atau tidak. dan karena saya menggunakan PC yang belum terdapat wifi lan didalamnya, saya akhirnya datang ke sebuah toko komputer di kota saya untuk mencari alat untuk menangkap sinyal wifi. Karena hanya untuk mencoba coba, saya akhirnya memilih Usb Wifi produk dari TP-LINK WN722N.




Setelah saya coba pasang usb wifi di PC dan instal drivernya, ternyata banyak internet hostpot yang ada di desa saya. pertama kali muncul 5 hostpot yang terdeteksi oleh alat tersebut. akhirnya saya mencoba connect ke salah satu hostpot tersebut. beruntung sekali saya dapat terconnect tanpa harus login. dan signalnya juga excellent. disaat itulah saya merasa senang, asyikk gratisan (kebiasaan anak mahasiswa) hehehe.

Karena cuma 1 internet hostpot yang tanpa login saya pun masih kurang puas. saya pun mencari cara lain di mbah google. Setelah detik berganti menit, menit berganti jam, jam berganti hari akhirnya saya menemukan cara lagi untuk menangkap sinyal wifi yang mempunyai jarak lumayan jauh. yaitu dengan menggunakan WAJAN BOLIC. berkat semangat saya, akhirnya dalam 1 hari saya mampu melahirkan alat wajan bolic tersebut dalam kondisi baru. 




 Saya pun menempatkannya di atap rumah beserta usb wifi yang sebelumnya sudah saya beli dengan perpanjangan kabel usb 10 meter. Hasilnya? muncul lah hostpot wifi.id dan speedyinstan & masih banyak lagi. walaupun sinyal wifi.id tersebut 20%(poor). Setelah itu saya akhirnya menuruti rasa ingin tahu saya untuk mencari dimana antena pemancar wifi.id itu. yaah walaupun agak susah payah karena harus mondar mandir dengan membawa gadget. tapi susah payah saya tadi akhirnya terbayar sudah dan saya menemukan letak antena pemancar tersebut. ternyata antena pemancar terletak di kantor kecamatan yang jarak dari rumah saya +- 700meter. 

Untuk dapat mendapatkan sinyal dari jarak yang cukup jauh itu,mustahil untuk laptop/PC dengan antena internal dapat mendapatkan sinyal dari hotspot tersebut.
Karena saya masih belum puas dengan sinyal yang saya dapat, akhirnya saya harus sedikit mengeluarkan modal lagi untuk membeli sebuah "Acces Point".Apa itu Acces Point? bagi anda yang masih awam di dunia wifi, mungkin belum faham apa itu Acces Point.Acces Point adalah sebuah alat yang digunakan untuk koneksi data antar komputer menggunakan koneksi wireles atau tanpa kabel. maklum habis cari di mbah google jadi saya masih ingat kegunaanya. hehehe

Model AP (acces point) ini bermacam-macam sesuai jarak pancaran yang diinginkan. Kalau saya disini menggunakan sebuah AP yang ber merk TP-LINK TL-WA7210N. waktu itu harganya sekitar 600rb dengan kabel UTP merk belden 15 meter. 




Disini saya tidak menambah antena external lagi karena saya masih menggunakan antena wajan bolic yang sudah saya buat tadi. Sebenarnya AP ini memang sudah dilengkapi dengan antena internal yang cukup handal. jadi bila dipasang tanpa menggunakan antena alat ini sudah bisa bekerja maksimal. Selain dari itu,AP ini juga dibungkus oleh plastik keras yang tahan panas dan hujan karena alat ini memang didesain untuk ditempatkan di luar rumah(outdoor).


Setelah selesai mensetting AP tersebut, alhamdulillah akhirnya saya mendapatkan sinyal wifi.id yang sebelumnya poor menjadi excellent. mungkin karena jarak antena pemancar dengan antena penerima hanya +-700meter. sedangkan menurut pengalaman orang yang sudah mencoba, AP ini masih bisa menangkap sinyal hotspot dengan jarak mencapai 2-3km dengan signal yang cukup baik.

Pada saat itulah saya  merasa senang karena sekarang saya bisa memilih internet hotspot yang ingin saya gunakan untuk browsing, tanpa harus susah susah pergi ke counter untuk membeli kartu perdana seminggu sekali.hehehe

1 komentar:

  1. bisakah itu digunakan untuk menangkap sinyal 4G.. karena area saya kena blank spot ...

    ReplyDelete