btc baner

Pages

Thursday, October 1, 2015

Membangun Jaringan Gigabit

Membangun Jaringan Gigabit, kecepatan jaringan anda berpengaruh pada perangkat yg ada di jaringan anda, sebut saja File Server, Server Database dan aplikasi multimedia lewat jaringan. Pada kebanyakan jaringan, kecepatan rate pada ethernet mendekai 12MB/s. Mungkin kecepatan tersebut cukup hanya transfer file-file kecil, tapi jika anda mencoba backup PC lewat jaringan akan terasa sangat lama, contoh anda akan mengcopy file Film HD yang berukuran puluhan giga.

Solusinya ? upgrade ke jaringan gigabit ! upgrade kecepatan jaringan ke 1000 Mbps / 1 Gbps yang berpotensi meningkatkan throughput, meminimalis waktu transfer file dan mengurangi bottleneck. Saat ini Gigabit Ethernet masih digunakan untuk jaringan LAN rumah dan gedung yang memerlukan bandwidth yang lebih besar antara router, switch, dan server.

Dalam membangun jaringan gigabit perlu diperhatikan spesifikasi perangkat jaringan anda.

Kabel UTP Cat 6
Kebutuhan kabel dalam membangun jaringan gigabit perlu diperhatikan, tipikal dalam jaringan biasa kita menggunakan kabel jaringan CAT 5, Kabel CAT 5 memiliki bandwidth hingga 100Mb/detik dan mempunyai batas panjang kabel kurang dari 100 meter. Agar maksimal dalam membangun jaringan gigabit, penggunaan kabel jaringan CAT 6 disarankan karena mendukung kecepatan antara 550Mb/detik sampai 1Gb/detik.
Switch Gigabit
Dalam membangun jaringan gigabit harus didukung perangkat switch gigabit yang mendukung kecepatan (10/100/1000 Mbps). Sudah banyak perangkat jaringan switch gigabit dari tp-link, d-link dll yang beredar di pasaran.
Ethernet Gigabit
Salah satu perangkat jaringan yang diperlukan dalam membangun jaringan gigabit. Ethernet gigabit ini mendukung kecepatan sampai 1Gbps, bandingkan dengan ethernet biasa yang hanya mendukung kecepatan 10Mbps sampai 100Mbps.
Konektor Jaringan UTP Cat 6
Jaringan gigabit perlu di dukung pula dengan konektor yg satu ini, konektor UTP Cat 6. Secara umum perbedaan dengan konektor biasa CAT 5 dengan konektor CAT 6 adalah pada kemampuan transmisi. Titik persambungan/terminasi category 6 memiliki rugi-rugi (losses) yang lebih kecil daripada category 5.

Testing Jaringan Gigabit

Saat kita membangun jaringan kecepatan tinggi gigabit adalah harus merasakan dan test perbedaannya karena Gigabit ethernet dirancang untuk memberikan bandwidth lebih besar hingga 10x dari Ethernet biasa.
Jika performa gigabit ethernet anda tidak jauh berbeda dengan ethernet biasa kemungkinan besar kesalahan ada pada kabel dan terminasinya.
membangun jaringan gigabitAplikasi yang bisa digunakan untuk test jaringan gigabit LAN Speed Test, aplikasi tersebut akan benchmark total maksimal kecepatan jaringan anda.
Dalam kecepatan transfer perlu diperhatikan juga kecepatan harddisk komputer atau server. Karena jika kecepatan baca/tulis harddisk anda lebih kecil dari kapasitas jaringan gigabit anda, kecepatan transfer dalam jaringan gigabit anda akan terbatas pada kecepatan baca/tulis harddisk komputer atau server anda saat transfer file atau tidak maksimal

0 komentar:

Post a Comment