btc baner

Pages

Tuesday, November 13, 2012

Cara Membuat VPN Server Sendiri Di Windows 7

Cara Membuat VPN Server Sendiri Di Windows 7

Virtual Private Network atau yang di singkat dengan VPN adalah suatu jaringan yang menghubungkan Anda ke jaringan lainnya secara privasi. Vpn sendiri banyak di gunakan oleh perusahaan-perusahaan atau lembaga-lembaga pendidikan untuk terhubung satu sama lain melalui Internet.
Dalam artikel kali ini, penulis akan mencoba memandu Anda untuk membuat server VPN melalui Windows 7 PC yang akan di buat menjadi VPN server haruslah terkoneksi ke Internet dan memiliki IP Public, sebab inilah nantinya yang akan di gunakan sebagai pintu masuk atau gateway.
Langkah-langkahnya adalah sebagai  berikut:
  1. Klik menu Start > Control Panel.
  2. Lalu pada jendela control panel, piih ikon link menu Network and internet.
  3. Klik menu Network and Sharing Center.
  4. Kemudian klik menu Change adapter settings.
  5. Kemudian pada langkah selanjutnya, klik menu File > New Incoming Connections.
  6. Kemudian di jendela halaman Who may connect to this computer?  Beri tanda centang pada pengguna yang boleh melakukan koneksi VPN pada computer Anda. Setelah itu, klik tombol Next.
  7. Pada halaman Who Will people Connect? Berikan tanda centang pada pilihan Through the internet.
  8. Kemudian pada halaman berikutnya biarkan saja default,  lalu klik tombol Allow Access.
  9. Jika proses sudah siap, halaman terakhir akan menampilkan nama computer dari VPN Server yang telah Anda buat. Kemudian klik tombol Close.
  10. Jika proses berhasil maka pada halaman Network connection akan muncul item baru bernama Incoming Connection.
Jika belum menemukan koneksi baru, klik refresh berulang kali untuk memunculkannya. Perlu di ingat sekali lagi bahwa Anda harus terhubung ke Internet untuk membuat VPN server. Anda bisa membuat nya dari koneksi modem flash, namun pada koneksi broadband, bagi yang terhubung melalui VPN Anda, maka biayanya pun akan cukup besar dan memakan banyak bandwith. Pemakaian kuota adalah pemborosan, lebih baik memakai paket unlimited untuk menghemat. Selamat membangun koneksi VPN Server sendiri, dan kunjungi blog ini setiap hari untuk informasi TI ter-update.

4 komentar:

  1. maaf saya newbie urusan begini gan..
    Tapi yang ingin saya tanyakan, misalkan speedy di rumah saya saya jadikan server vpn, misalnya saya pas lagi online via modem biasa, bagaimana caranya agar saya bisa menggunakan vpn yang saya buat di rumah tadi? biar saya internet saya jadi lebih wuss... makasih.. :)

    ReplyDelete
  2. kalau yg d pakai modem flas cara y sama aja asal sudah mendukung gan,ne virtual yg mw d pakai brapa kom,jika memakai bayak kom saya sarankan pakai virtual mikrotik saya bru coba hasilnya lumayan bagus

    ReplyDelete
  3. Cara Login nya gimana ?? trus pintumasuknya ke server VPN pake apah ??

    ReplyDelete
  4. kalau pakai modem smarfren bisa gak gan

    ReplyDelete